Halaman

Tuesday 7 July 2020

Empat Langkah Berdiri Tegak Di Tengah Musibah


Mencoba tetap berdiri di tengah gelombang musibah dan masalah memang sulit namun kita harus tetap berdiri dan bertahan karna seperti ini lah keadaan nya saat ini.


Pandemi virus Covid-19 yang mulai mewabah di awal tahun 2020 ini membuat seluruh umat manusia di dunia ini merasakan dampak yang sangat luarbiasa dari dampak ekonomi dan kesehatan, banyak manusia yang kehilangan nyawa nya, banyak manusia yang kehilangan pekerjaannya, banyak manusia yang kehilangan penghasilannya.

Bertahan di tengah musibah seperti ini tidak mudah, namun kita sebagai manusia harus tetap melanjutkan kehidupan ini, seperti yang saya katakan di awal mencoba tetap berdiri di tengah gelombang musibah tidak mudah namun pasti ada cara untuk tetap bertahan dengan cara bersabar, selalu ikhtiar atau berusaha, bersyukur dan dekatkan diri dengan Allah swt.


Bersabar di tengah kesulitan seperti ini adalah hal yang sangat wajib kita miliki dengan bersabar kita bisa menahan rasa marah, kesal dan nafsu menghindarkan diri kita dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik.

Ikhtiar atau berusaha adalah langkah kedua yang harus kita lakukan di tengah musibah seperti ini berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah musibah ini dengan cara yang baik, bersungguh-sungguh demi kebutuhan keluarga dan tidak mudah putus asa InsyAllah pasti ada jalan jika kita bersungguh-sungguh menjalankannya.

Bersyukur iya setelah kita bersabar, berusaha hal ketiga adalah bersyukur iya rasa syukur karna kita di beri kesabaran menahan rasa marah, kesal, nafsu di tengah musibah ini, bersyukur atas apa yang telah Allah swt berikan dari hasil berikhtiar dan berusaha dari hasil yang sangat besar atau dari hasil yang sangat terkecil pun yang kita terima dari Allah swt.

Hal terakhir yang kita lakukan di tengah musibah ini adalah dekat kan diri dengan Allah swt dengan cara  beribadah, berdoa dan menjalankan perintah Nya wajib atau pun sunah Nya agar kita selalu di beri perlindungan oleh Allah swt.

Semoga bencana ini cepat berlalu dan Allah swt tetap melindungi kita dari bencana dan marabahaya Aamiin ya Robalalamin.

2 comments: