Halaman

Sunday 13 October 2019

MENDAKI GUNUNG CIKURAY 2821 MDPL GARUT JAWA BARAT

Perjalanan Saya kali ini adalah menuju puncak Gunung Cikuray Garut yang terkenal akan track yang sering di Juluki oleh para pendaki dengan sebutan track cabe rawit meskipun ketinggiannya hanya 2821 Mdpl  jalur menuju puncak hampir sembilan puluh sembilan persen menanjak  bisa di bilang tidak ada yang namanya track landai.

Tanggal 20 September 2019 akhirnya kami berempat Saya, Dafin, kusnanto, dan Iqbal Menuju kota Garut. Perjalan kami kali ini tidak menggunakan transportasi umum namun menggunakan salah satu kendaraan pribadi teman saya yang bernama Iqbal, kami berangkat dari Kota Depok sekitar Pukul 23:00 Wib.

Kami tiba di kota garut sekitar pukul 08:00 Sekitar Sembilan jam perjalan dari Kota Depok menuju Kota Garut di karenakan kami berhenti cukup lama di rest area tol Cipularang dan berhenti di salah satu mesjid di daerah Nagrek untuk melakukan Ibdah Sholat Subuh.

Sekitar Pukul 08:30 Wib Kami tiba di Basecamp Pemancar Garut, Disini kami mulai mempacking ulang carrier kami, dan bersih-bersih mandi agar kondisi tubuh fit kembali setelah melakukan perjalanan Depok- Garut.

Basecamp Cikuray
Di Basecamp tempat kami ini menyediakan sewa pickup mobil untuk mengantarkan para pendaki hingga menuju di bawah kaki Gunung Cikuray, sekedar info Dari basecamp menuju kaki Gunung cukup lumayan jauh ditambah rusaknya parahnya jalan menuju kaki gunung yang tidak memungkinkan kendaraan pribadi untuk melintasi jalur tersebut.

mempacking ulang tas carier di basecamp Cikuray
harga sewa pickup dari basecamp menuju kaki Gunung Cikuray adalah 50rb/ orang cukup mahal di karenakan saya hanya berempat. jika lebih dari empat orang atau lebih akan jauh lebih murah.

MENUJU PUNCAK GUNUNG MERBABU 3142 MDPL

buat kalian yang tidak membawa kendaraan pribadi dan turun di terminal Guntur tenang saja disanapun akan selalu standby pickup yang menuju kaki gunung cikuray dengan harga yang sama. tergantung berapa banyak orang yang akan naik pickup semakin banyak semakin murah.

Akhirnya sekitar pukul 09:30 Wib kami pun melanjutkan perjalan menuju kaki Gunung cikuray menggunakan pickup yang telah kami sewa.

kita akan melewati kebun teh milik PTPN dan disini kita dikenakan tarif sepuluh ribu per orang agar dapat melanjutkan perjalanan menuju kaki Gunung Cikuray, cukup aneh buat saya kenapa harus di kenakan tarif padahal kami hanya sekedar lewat dan ditambah Infrastruktur jalan yang sangat buruk membuat saya bingung untuk apa di kenakan tarif lewat kebun teh.

tiket masuk kebun teh

Ditengah perjalanan, pickup yang kami tumpangi mengalami masalah  di karenakan jalan yang sangat rusak dan akhirnya kami berempat pun harus mendorong pickup tersebut terlebih dahulu.

dorong pickup dulu hitung-hitung pemanasan
Akhirnya pukul 10:30 Wib Kami tiba di bawah kaki gunung cikuray Kami berempat Istirahat sejenak, pukul 11:00 wib  kami mulai melakukan pendakian menuju Pos satu Cikuray.

Perjalanan pun dimulai
Pukul 11:30 Wib Kami tiba di pos satu atau biasa di sebut pos pendataan disini kami berempat di data dan dikenakan tarif lima belas ribu rupiah per orang setelah setelah pendataan selesai istirahat sejenak pukul 12:03 Wib kami melanjutkan perjalan menuju pos dua sekitar Pukul 12:15 Wib kami mulai memasuki kawasan hutan.

Pos satu Cikuray atau disebut juga pos pendataan

Track Cikuray kali ini cukup berdebu di karenakan musim kemarau yang sangat panjang dan pemandangan hutan yang cukup gersang.

Track dari pos satu menuju pos dua

Jarak antara pos satu dan pos dua cukup jauh di tambah medan track yang cukup terjal membuat kami cepat sekali kelelahan.

Pukul 13:00 Wib kami putuskan untuk beristirahat dan memasak mie instan untuk makan siang, setelah perut terisi kami beristirahat sejenak untuk meluruskan kaki. sekitar pukul 14:00 Wib kami melanjutkan perjalanan menuju pos dua gunung Cikuray.

Istirahat masak dulu buat makan siang

Jalur yang berdebu membuat tenggorakan saya cepat sekali kering dan membuat saya sulit bernafas menjadi tantangan tersendiri buat untuk yakin dan bisa sampai puncak Gunung Cikuray Garut.

Akhirnya pada pukul 14:40 Wib kami tiba di pos dua disini kami hanya berhenti sejenak untuk menghilangkan rasa dahaga dan mulai melanjutkan perjalan kembali menuju pos tiga pada pukul 14:50 Wib.

Suasana Pos Dua Cikuray

Jarak antar pos dua dan pos tiga pun cukup jauh ditambah jalur yang bertambah curam membuat saya semakin bersemangat. di pertengahan jalan kami melihat pemandangan membuat saya merasa sedih, pemandangan hutan yang habis terbakar, info yang saya dapat dari pendaki lainnya hutan Gunung Cikuray terbakar karena ulah pendaki yang membuang  puntung rokok sembarangan.

Buat para pendaki yang merokok pastikan jika rokok yang telah kalian hisap dalam keadaan mati agar tidak mengakibatkan kebakaran hutan.

di perjalan antara pos dua dan pos tiga pun saya melihat banyak sekali sampah para pendaki yang tidak di bawa kembali ke bawah dan sengaja di tinggal di tengah hutan sangat miris melihatnya buat teman-teman jika mendaki Gunung pastikan sampah yang kalian hasilkan di bawa kembali turun dan buang di tempat pembuangan sampah, jika kalian memang mencintai keindahan alam Ciptaan Allah.Swt

track Pos dua menuju Pos tiga
Kami pun tiba di pos tiga pukul 16:40 Wib di pos tiga ini kami hanya meluruskan kaki dan memulai melakukan perjalanan kembali, sekedar info di pos tiga kalian bisa mendirikan tenda karena di pos tiga ini cukup tanahnya cukup landai, banyak para pendaki yang memutuskan memasang tenda di pos tiga di karenakan sudah kehilangan tenaga ataupun karena faktor hari yang sudah mulai gelap.

Suasana Pos 3 Cikuray
Kami memutuskan melanjutkan perjalanan dan berencana memasang tenda di pos delapan karena pos delapan tempatnya cukup strategis tepat di bawah puncak gunung cikuray.

Suasana Pos 4 Cikuray

hari pun sudah mulai senja kami kami tiba di pos empat pukul 17:40 Wib disini kami mulai mengeluarkan senter untuk penerangan jalan setelah siap kami langsung bergegas melanjutkan perjalanan karena hari sudah berganti malam cuaca yang mulai dingin membuat saya dan teman-teman saya sudah mulai kehabisan tenaga, Pukul 18:10 Wib kami tiba di pos lima, kaki saya pun sudah mulai keram di karenakan pos lima tidak memungkin kan memasang tenda akhirnya kami paksakan melanjutkan perjalanan sampai pos enam sekitar setengah jam berikutnya pukul 18:40 Wib akhirnya kami sampai pos enam dengan susah payah rencana awal untuk mendirikan tenda di pos delapan pun kami urungkan dan kami memutuskan mendirikan tenda di pos enam ini, kami pun bergegas mengeluarkan tenda dan mulai mendirikan nya pukul 19:00 tenda akhirnya berdiri, dan setalah itu kami bergegas mengganti pakaian kami yang basah dengan yang kering buat para pendaki salah satu hal yang penting ketika tenda dan perkakas semua sudah beres segeralah mengganti pakaian basah kalian dengan pakaian kering agar kalian tidak masuk angin.

Di pos enam ini jika di akhir pekan ada yang menjual somay seharga sepuluh ribu lumayan bisa buat ganjel perut kami sambil menunggu hidangan makan malam kami masak dan ada juga yang menjual air untuk di masak sederijennya sepuluh ribu rupiah jadi jangan takut kekurangan air jika ingin mendaki Gunung Cikuray Garut dan bahkan di pos delapan kata abang yang jual somay ada yang jual cuanki juga jadi jangan takut kelaparan jika mendaki Gunung Cikuray Garut.

Pukul 20:00 Wib akhirnya makan malam kami sudah siap untuk di makan, walaupun hanya dengan lauk seadanya jika makan bersama sahabat akan terasa sangat nikmat.

Makan malam dengan lauk seadanya.
Rasa lelah setelah seharian melakukan perjalanan pun hilang setelah perut terasa kenyang, setelah makan malam kami berbincang menceritakan apa saja yang bisa diceritakan dari masalah politik, cinta dan lain-lain  tanpa terasa jam pun sudah menunjukan pukul 22:00 Wib kami memutuskan untuk tidur lebih awal karena kami berencana akan melanjutkan perjalanan menuju puncak cikuray pukul 04:00 Wib.

Matahari pun terbit alarm handphone pun terus berbunyi, hari pun telah berganti dan ternyata kami berempat pun kesiangan kami bangun pukul 06:30 Wib rencana untuk melihat sunrise pun gagal, pagi ini saya yang bertugas membuat sarapan, setelah mencuci muka saya pun langsung memasak mie goreng dan sosis goreng setelah sarapan kami mulai mempacking tas kecil hanya untuk membawa air mineral dan obat-obatan tas carier kami tinggal di dalam tenda.

Suasana pagi di Pos enam Cikuray

Perjalan Menuju Puncak Cikuray pun Kami lanjutkan
Pukul 08:00 Wib kami mulai melanjutkan perjalanan menuju puncak Cikuray, jalur dari pos enam menuju puncak pun tetap sama track yang menanjak tanpa jeda, Sekitar pukul 08:45 Wib kami sampai pos tujuh karena sudah terlalu siang kami langsung menuju pos delapan Gunung Cikuray.

pos tujuh Cikuray
Di sepanjang perjalanan sudah banyak sekali pendaki yang mulai turun gunung, pukul 09:15 Wib kami tiba di pos delapan Gunung Cikuray disini banyak sekali pendaki yang mendirikan tenda di pos delapan Gunung Cikuray bahkan ada yang menjual baso cuanki info dari pedagang somay di pos enam baso cuanki disini hanya berjualan di akhir pekan saja dan di waktu hari libur.

pos delapan Cikuray

Puncak Cikuray pun sudah mulai terlihat dari pos delapan hanya membutuhkan waktu 10 menit dari pos delapan menuju puncak cikuray.

Puncak Gunung Cikuray
Pukul 09:25 Wib akhirnya kami berempat pun tiba di puncak gunung cikuray, akhirnya kami dapat menaklukan diri kami sendiri dari ego kami masing-masing karena tujuan kami mendaki Gunung adalah untuk menaklukan diri kami sendiri bukan untuk menaklukan Gunung yang kami akan daki dan dapat menikmati indah nya ciptaan Allah.swt dari ketinggian 2821 Mdpl Puncak Gunung Cikuray Jawa Barat.

Pendakian kali ini saya dapat pelajaran keindahan Alam yang di ciptakan oleh Allah.swt akan hilang keindahannya jika kita tidak menjaga dan merawatnya. namun jika kita peduli, merawat dan menjaganya ke indahan Alam Ciptaan Allah.swt akan selalu dapat kita nikmati hingga anak cucu kita.